Sabtu, 04 Juni 2011

halaman 8 upaya kesehatan ibu menyusui

IBU MENYUSUI
PEMBERIAN ASI EKSLUSIF SEHATKAN IBU DAN BAYI
Manfaat Pemberian Asi Pemberian ASI adalah intervensi yang paling efektif untuk meningkatkan kelangsungan hidup bayi dan tumbuh kembangnya secara optimal. Pasalnya, hanya ASI yang dapat memenuhi seluruh kehidupan bayi dalam 6 bulan pertama tanpa tergantikan susu formula. Jelasnya, ASI adalah asupan gizi yang terbaik untuk bayi, khususnya untuk melindungi dari infeksi pernafasan, diare, alergi, sakit kulit, asma dan obesitas. "Selain itu, pemberian ASI juga dapat membentuk perkembangan intelegensia, rohani dan emosional. Karena selama dalam dekapan ibu, bayi cukup mendapatkan kasih sayang, kehangatan dan rasa aman," kata Meutia.
Dia menambahkan, bagi ibu, pemberian ASI sesungguhnya adalah hak dan tanggung jawab yang besar manfaatnya. Pada ibu, menyusui dapat menurunkan risiko terhadap pendarahan, kanker payudara dan kanker ovarium, menunda kehamilan berikutnya serta menurunkan resiko patah pada tulang panggul. Beberapa hal yang menjadi kendala sosialisasi ASI ini di antaranya, rendahnya pengetahuan ibu mengenai manfaat ASI dan cara menyusui yang benar, termasuk menyusui dini atau inisiasi ASI dini.
Selain itu, pelayanan kesehatan dan petugas kesehatan di Indonesia , sebagian besar masih belum bisa mendukung program peningkatan pemberian ASI. Tambahan lagi adanya kndala social budaya, berkaitan banyaknya mitos-mitos dan berbagai kebiasaan yang tidak mendukung pemberian ASI sejak dini seperti kolostrum tidak baik atau bahkan bahaya bagi bayi; bayi butuh teh atau cairan khusus lainnya sebelum menyusui; bayi tidak akan kekurangan cairan bila hanya diberi kolostrum atau ASI saja; bayi akan kedinginan atau ibu terlalu lelah menyusui setelah proses kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
gak ada yang spcial

Pengikut